Jadwal Sholat dengan Javascript dan HTML


jadwal sholat

Langsung Saja Scriptnya : Continue reading

Advertisements

Untitled


Bermula ketika membuka facebook, adikku membuat status difacebooknya “Buat bapak, semoga cepat sembuh”, lantas aku langsung menghubungi bapak dan ternyata benar, bapak sakit lagi, bahkan ini sampai dirujuk ke Palembang, padahal biasanya hanya dirawat di rumah sakit terdekat. Kalau bapak dirawat dirumah sakit, aku selalu ingat sama ibu, 12 tahun yang lalu, ibu tiba-tiba tak sadarkan diri, kemudian dibawa kerumah sakit. waktu itu aku masih anak kecil, jadi belum tau harus berbuat apa-apa. Allah pun sudah berkehendak, ternyata waktu itulah aku dikasih kesempatan terakhir untuk melihat ibu. Kali ini bapak sudah semakin tua, tak sesehat dulu, bapak sering sakit-sakitan dan aku masih ingin diberi kesempatan untuk berbakti kepada orang tua lebih lama lagi.

19 Januari yang lalu, aku ada wisuda, saat itulah penyakit bapak kumat lagi, aku sempat menyalahkan diri, bapak sakit lagi karena aku, jauh-jauh datang dari belitang ke jogja untuk menghadiri acara wisuda aku. Pada saat itu sakit bapak sempat sembuh dan sudah bisa untuk mengadakan perjalanan pulang ke belitang. Sesampainya di rumah, beberapa hari lagi, bapak sakit lagi. Melihat kondisi seperti itu, aku jadi gak tenang di jogja, pengen cepet-cepet pulang dan segera menyelesaikan urusan dijogja.

Aku ingin bapak sekarang lebih banyak istirahat saja, gak usah bekerja lagi, anak-anaknya sudah pada dewasa dan mereka sudah tau harus berbuat apa, aku juga sudah selesai kuliahnya, Lita juga tamat SMA udah bisa cari uang sendiri.

Buat bapak, semoga cepat sembuh..

Kami, ingin berbakti kepada bapak lebih lama lagi…

Get well soon dad, we love you

“From the left side to the right side”


Alhamdulilah tanggal 19 Januari 2013 saya di wisuda, itu tandanya saya sudah resmi lulus S1.
Pada wisuda saat itu merupakan wisuda dengan jumlah yang paling sedikit. Pak rektor aja bilang, selama dia menjabat ini merupakan wisuda paling sedikit.Kalau gak salah, jumlah yang mengikuti wisuda adalah 359 orang.

Saat wisuda, keluargaku ikut datang ke acara, orang tuaku dan adikku yang datang dari belitang, sedangkan yang lainnya datang dari kebumen. keluargaku yang ikut sekitar 10 orang, itupun belum semuanya yang ikut. hehehe.. 10 orang saja di mobil sudah desak-desakan.

Bapak ibu dan adikku berangkat dari belitang selasa pagi (15/1), seperti biasa naik mobil Bus SBG (sabuk gunung), sampai dikebumen rabu malemnya. Pada hari jumat paginya, saya ikut gladi resik wisuda terlebih dahulu sebelum menyusul ke kebumen, kemudian setelah jumatan saya baru kesana dan jam 3 sore saya baru sampai. Niatnya, baru sampe sana kami langsung berangkat kejogja, tapi niat berubah, saya mampir tempat sanak saudara dulu. Seperti biasa, kalau setiap mampir mesti ditawari makan hehehe.

Kami berangkat dari kebumen sekitar jam 7an malem dan sampe jogja jam 10an malem. Kemudian kami langsung checkin di penginapan. Sebenarnya sih pengennya dikostku saja, tapi kostku kecil, gak muat menampung mereka.

Besoknya, jam 6an pagi, kami langsung berangkat ke kampus buat acara wisuda. Pas sampai sana, baru turun dari mobil, langsung di uber² para pencari nafkah seperti tukang poto dan tukang jual kembang. Kemudian, saya langsung mengurus presensi dan keluarga saya menunggu di tarub. Saat presensi, saya dapet nomer urut paling terakhir untuk jurusan teknik informatika, wajar sih, kan diurutkan berdasarkan NIM mahasiswa. Setelah presensi, saya menunggu di tempat transit. Saat para tamu sudah diperbolehkan untuk masuk ruangan, saya menemui bapak dan ibu buat memberitahu untuk siap-siap masuk ruangan. Tamu yang diperbolehkan masuk hanya dua orang, jadi cuma bapak dan ibu ku doank yang bisa masuk, yang lainnya menunggu di luar gedung dan sudah dipasang tarub beserta TV. TV tersebut merupakan tayangan yang ada di dalam gedung.

Ketika acara segera dimulai, para wisudawan masuk ruangan secara bergantian berdasarakan program studinya masing-masing. Acara pemindahan kuncir dan pembagian ijazah dilakukan terlebih dahulu untuk wisudawan cumlauder, karena saya tidak cumlaude, jadi saya nggak masuk bagian ini. hehe

Setelah yang cumlauder selesai, sekarang giliran yang non-cumlauder. karena saya mendapatkan presensi terakhir, saya juga dipanggil dengan embel-embel “wisudawan terakhir prodi teknik informatika, Heru Purwito, Tanah Merah, 09523423” Yang jadi heran, kenapa saya sendiri yang memakai tanggal lahirnya nama desa, bukan nama kota atau kabupaten. Kayaknya untuk tanggal lahir mengikuti yang ada di ijazah SMA saya. karena pas tak saya cek, diijazah SMA memang begitu. Setelah dipanggil, saya maju kedepan untuk mengikuti proses pemindahan kuncir dan pembagian ijazah. Menurut sepengetahuan saya, proses pemindahan kuncir topi wisuda dari kiri ke kanan itu maknanya adalah sebuah simbol berubahnya dominasi penggunanaan otak kiri ke otak kanan. Saat masih kuliah, kita di tuntut untuk belajar terus menerus (tugas otak kiri) kemudian setelah lulus kita dituntut untuk bisa lebih menjadi orang yang mempunyai daya kreatifitas lebih tinggi (tugas otak kanan).

Saat pak rektor memberikan sambutannya, beliau menyampaikan tentang wisuda kali ini, seperti jumlah wisudawan, IPK tertinggi dan kebetulan juga, nama saya disebut.. bukan sebagai wisudawan dengan IPK tertinggi ataupun wisudawan yang berprestasi, tapi sebagai lulusan tercepat untuk wisuda saat itu. Alhamdulilah, masih ada yang bisa membuat orang tua bangga, biarpun gak cumlaude tapi bisa jadi wisudawan dengan lulusan tercepat, sebenarnya orang tua saya gak menuntut harus lulus cumlaude ataupun lulus cepat, bagi mereka sudah lulus aja sudah seneng. Nggak tau kenapa mereka bilang saya itu satu-satunya harapan keluarga, padahal masih ada adik-adik saya yang bisa lebih dari saya.

Alhamdulilah Lulus Kuliah


Tanggal 30 Oktober 2012, terjadwal waktu pendadaran saya. Saya mendapat jatah pendadaran paling terakhir diruang sidang 2 dekanat FTI UII.  1 bulan sebelum tanggal sidang, tepatnya 2 minggu sebelum batas pengumpulan berkas untuk mengajukan pendadaran, itulah hari-hari yang paling menyibukkan dalam seumur hidup saya. Dari akhir bulan september sampai pertengahan bulan november waktu saya disibukkan dengan menyelesaikan skripsi dan mengurus pengajuan pendadaran. Continue reading

Test Pertama Cari Tempat Kuliah


Setelah selesai Ujian Akhir SMA, saya diajak temen² buat ikut test masuk Poltek UNSRI. Test dilaksanakan di suatu SMA di daerah Baturaja OKU. Seingatku temen-temen yang ikut ada nova, dona, exy, doni, budi, rio, aziz, taqien, pipit,meta. Guru yang mengawalnya pada saat itu Bu Suliyah.

Sebelum berangkat, kami ngumpul dulu pagi-pagi dirumah Bu Suliyah, sekitar jam 6an pagi, kami siap berangkat. Kami berangkat menggunakan mobil travel, ongkosnya kalau gak salah sekitar 30.000 sampe lokasi. Perjalanan sekitar 2 jam baru sampai dilokasi. Continue reading

Malam Takbir Lebaran 1433 H (2012)


Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar

Lailahailallah huallah huakbar

Allahuakbar walila Ilham

Itulah bacaan yang dikumandangkan saat takbir lebaran. Setiap tahun, saya selalu mengikuti takbir keliling di desa saya (Desa Tanah Merah Dusun IV). Takbir keliling diadakan oleh anak-anak Risma (Remaja Islam Masjid) Nurul Desa Tanah Merah Kp 4. Takbir keliling diikuti oleh kebanyakan anak-anak. Tak luput juga orang tua mereka yang mendampingi anak-anaknya. Puasa tahun ini, tahun 1433 diakhiri pada tanggal 18 Agustus 2012, dan lebarannya diadakan tanggal 19 Agustus 2012. Continue reading

Program KKN


Dari kampus, program KKN individu minimal ada 3, satu program untuk yang ada kaitannya dengan jurusan kuliahnya dan 2 program bebas. Dalam merancang program sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbingnya terlebih dahulu. Jika sudah disetujui baru boleh menjalankan programnya.

Untuk mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing, kami harus mengantri. Jumlah unit yang mengadakan bimbingan ada 6 unit, jadi 8 mahasiswa x 6 unit = 48 mahasiswa. Sedangkan kegiatan bimbingan dilakukan dari sore dan hari itu harus selesai. Continue reading

Ngoding di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah, Untuk itu mari kita tingkatkan ibadah kita. Ibadah bukan saja mengaji, sholat, puasa dll. Tetapi ibadah itu ada banyak sekali macamnya. Contohnya ngoding. Ngoding buat tugas kuliah, skripsi, proyekan, ataupun ngoding buat iseng-iseng belajar [belajar koq iseng-iseng hehehe]. Kebanyakan programmer, melakukan aktivitasnya itu malam hari (ngoding), gak cuma programmer saja, para ahli IT juga demikian seperti networkers, designers, system analysts. security testers, hackers dll. Continue reading

Persiapan Sebelum KKN


Pada tanggal 9 Juli 2012 kemarin, kami di terjunkan di lokasi KKN. Lokasi KKN kami terletak di Dusun Gratan, Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang. Nomor Unit KKN kami : KKN UII MG-88

Sebelum penerjunan, kami mengadakan observasi terlebih dahulu. Observasi dilakukan pada hari Jum’at, 7 Juli 2012 bersama 5 unit KKN lainnya, Total unit yang melakukan KKN di kec. sawangan ada 6 unit yaitu unit 85,86,87,88,89 dan 90.

Dalam KKN, harus diperlukan persiapan yang matang, nah apa saja yang harus dipersiapkan agar KKN dapat berjalan dengan lancar? Berikut persiapan-persiapannya : Continue reading