Install Google Playstore di Genymotion


Sebelumnya saya pernah coba install instagram langsung ke genymotion tanpa lewat playstore, tapi gak berhasil. mungkin karena genymotion belum ada Google Apps-nya. Kemudian saya install Google Apps di genymotion, termasuk playstore akan terinstall otomatis. Kemudian saya coba install instagram lewat playstore dan akhirnya berhasil.

Untuk yang belum install genymotion, bisa baca artikel saya sebelumnya di sini

Untuk tutorial akses Google Playstore bisa ikuti langkah2 berikut :

– Persiapkan 2 file berikut :
1. ARM Translation Installer v1.1 atau mirror link
2. Google Apps for Android 4.3 atau Google Apps for Android 4.4

atau

Google Apps for Android 5.0 (https://www.androidfilehost.com/?fid=95784891001614559 – gapps-lp-20141109-signed.zip)
Google Apps for Android 4.4.4 (https://www.androidfilehost.com/?fid=23501681358544845 – gapps-kk-20140606-signed.zip)
Google Apps for Android 4.3 (https://www.androidfilehost.com/?fid=23060877490000124 – gapps-jb-20130813-signed.zip)
Google Apps for Android 4.2 (https://www.androidfilehost.com/?fid=23060877490000128 – gapps-jb-20130812-signed.zip)
Google Apps for Android 4.1 (https://www.androidfilehost.com/?fid=22979706399755082 – gapps-jb-20121011-signed.zip)
Google Apps for Android 2.3.7 (https://www.androidfilehost.com/?fid=22979706399755027 – gapps-gb-20110828-signed.zip)

sumber

– Hidupkan emulator genymotion
– drag file Genymotion-ARM-Translation_v1.1.zip ke homescreen emulator
– tunggu transfer file selesai dan tekan OK
– kalau sudah selesai, reboot emulator
– drag file gapps-jb-20130813-signed.zip (terserah versi yang mana, jelly bean atau kitkat) ke homescreen
– tunggu transfer file dan tekan OK
– reboot lagi (kalau gak bisa di reboot, bisa matikan paksa klik tombol silang)
– tunggu proses instalasi selesai
– kalau sudah selesai, coba buka playstore
– kalau berhasil, silahkan coba install aplikasi seperti instagram, path, BBM dll

Untuk lebih jelas lagi, bisa lihat video tutorial saya :

sumber : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2528952

73 thoughts on “Install Google Playstore di Genymotion

  1. Cara dragnya gmna bang???

  2. Tapi ko ga bis sih gan???

    mohon pencerahannya

  3. kok pas di drag gabisa sih? jadi ada tanda di dilarangnya

  4. makasih ya bro, nice info (y)

  5. bisa bro, tapi pas masuk Play Store Retry terus kaya ga connect , tapi coba web bisa connect

  6. linknya udh nggk ada yaa

  7. wah bisa gan thanks

  8. kak. kok pas saya mau instal COC(Clash Of Clans) gak bisa sih
    dan ada tulisan your device isn’t compatible with this version

  9. Gan play store ku no connection. solusinya gimana gan? makasih

  10. itu zip na di extract dulu ya baru di drag gan..??

  11. gan, gimana baru download geny motion devicenya pas klik playnya eror,,atau ada perangkat yg kurang ya ? huft

  12. nice info gan
    mau tanya gan , pas drag file gapps-jb-20130813-signed.zip versi yang jelly bean itu error , biar ga error gimana ya?
    terus cara ngerebootnya gimana? trims gan

  13. gan.. untuk seting adb itu gmana… gw udah banyak download room android. tp koq tetep ae semuanya gak bisa buat instal google play store. saat gw drag&drop, eh malah pindah ke folder download. gak bisa seperti yang agan contohin…..

  14. gan ane running game get rich tp knp ya unstopped terus

  15. Gan cara stop alert Unfortunately itu gmn? muncul terus soalnya..

  16. Gan link buat download Google Apps yang kitkat error tuh mohon di fixin . .

  17. virtul device aku tiba” hilang gan, gimana cara balekinnya ?. atau letak folder virtual devicenya dimana ya ?

  18. bang kalau seting adb nya pas mau pilih browse mau pilih sdk genymotion nya not responding … versi 2.2 gmna tuh bang

  19. saat pasang kok gak succes2 gan
    loading trus

  20. makasih bgt gan…
    berguna bgt…

  21. gan pas ane lagi buka playstore sering muncul unfortunately google+ has stopped.. cara nyembuhin alert unfortunately nya gimana tuh? muncul terus soalnya.. makasih

  22. gan kok pas drag file ARM Translationya kan berhasil tapi pas di reboot macet ya??

  23. apa compatible yang gapps versi 4.3 dengan android tipe google galaxy nexus 4.1.1 gan?

  24. gan file no 1 gak bisa di download… mohon pencerahaan

  25. ane udh drag tpi ga bsa gan….trus da pesan “Failed to flash genymotion-arm-translation_v1.1.zip”. Mohon pencerahannya gan….thank

  26. gan kog ane waktu flash arm’nya gak berhasil ya ? ada tulisannya failed flash. tolong solusinya gan

  27. bro kok pnya gue gk mau instal bbmnya padahal udh gue instal genymotion ARMnya… waktu gue bka google app nya muncul tulisan “Device not compitable….”.mohon bantuannya

  28. Bro Pas Sya ingin DRAG FILE gapps-jb-20130812-signed ny kok ad BACA’an “Failed to flash file gapps gapps-jb-20130812-signed.zip” itu Knpa yA Bro!! .mohon bantuannya

  29. gan,, tiap buka play store kok muncul tulisan “Unfortunatelly, Google Play Store Has Stopped” trus aplikasinya keluar,,
    solusinya g’mana tuh??

  30. klo download dan main game bisa ga gan?

  31. reboot nya tu gimana caranya?

  32. pas mau di drag kok ada tulisan gini “failed to flash file genymotion arm translation v1.1 zip” itu masalany apa ya??

  33. gan pas ane lagi buka playstore sering muncul unfortunately google+ has stopped.. cara nyembuhin alert unfortunately nya gimana tuh? muncul terus soalnya.. makasih

    ane juga sama kejadiannya kayak adly diatas.
    muncul terus di HOME nya..

    gimana yah solusinya?? 😦

  34. bro ane kok tulsianya google unfortunately, google play service has stopped. begitu terus.

  35. yaa pas ane msk ke play store nya kluar mulu tuh

  36. sip gan.. punya saya berhasil.. Saya pake Nexus apa gitu yang Androidnya versi 2.3.7.

  37. kok g bisa yah? pas drop gapps .zip nya malah kayak file transfer biasa, g ada opsi instal gaps..

Leave a Reply

