Mengatasi Space Hosting Membengkak Akibat “error_log”


Beberapa bulan gak pernah buka cpanel, tiba-tiba kaget lihat space hosting tinggal sedikit. Pas saya cek file, saya temukan file “error_log” sebesar 3 GB, kemudian langsung saya hapus, saya coba refresh website saya dan kemudian saya cek lagi, ternyata masih muncul lagi file error_log. Setiap kali saya refresh web saya, file error_log tersebut semakin bertambah ukurannya, bayangkan kalau berbulan-bulan gak dihapus file ini, bisa penuh space hosting yang kita sewa.

error_log merupakann file yang berisi pesan yang ditujukan kepada developer untuk menunjukkan bahwa terdapat kesalahan dalam script yang digunakan. File ini akan muncul jika di pengaturan pada server (ada di file php.ini) di aktifkan. Namun, ketika kita menggunakan hosting sewaan, belum tentu dapat ijin untuk merubah pengaturan server. Salah satu caranya adalah dengan menghapus file error_log secara otomatis, jadi ketika website diakses, ada perintah langsung menghapus file error_log. Dengan begitu tidak akan lagi terjadi pembengkakan space hosting secara tiba-tiba.

Sebenarnya, cara paling bagus adalah memperbaiki script yang kita gunakan, akan tetapi kadang memperbaiki script tidak bisa dalam waktu yang singkat, jika dalam keadaan darurat, bisa implementasikan cara tersebut.

Untuk implementasinya, coba masukkan kode berikut di file index.php pada baris paling terakhir

<?php unlink('error_log'); ?>

Oke, sekian tips dari saya, semoga bermanfaat 🙂

7 thoughts on “Mengatasi Space Hosting Membengkak Akibat “error_log”

  1. terimakasih mas sudah sharing.
    ane ada sedikit pertanyaan nih..
    ane kan nyewa sebuah hosting dengan space 75MB dan sudah terisi lebih dari 95% kapasitas.
    trus ane backup semua file-nya+database.
    Setelah ane total, jumlah keseluruhan file dan DB yg sudah ane backup tidak sampai 60 MB.
    sisanya kemana ya mas dan bagaimana cara “membebaskan” space yang hilang itu?
    terimakasih.

  2. Klo di vps gmn ya mas, vps tiba2..disk space jadi gede…

  3. mantap gan…problem sudah beres, thanks sharingnya 🙂

Leave a Reply

