Contoh Aplikasi MADM dengan Metode TOPSIS untuk Kasus Pemilihan Lokasi Gudang


Buka-buka folder nemu script ini, langsung saja saya share 😀

Aplikasi ini saya buat ketika ada tugas waktu kuliah Sistem Pendukung Keputusan,

tugasnya adalah membuat aplikasi yang digunakan untuk pemilihan lokasi gudang.

Detail kasusnya :

Suatu perusahaan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ingin membangun sebuah gudang yang akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan sementara hasil produksinya. Ada 3 lokasi yang akan menjadi alternatif, yaitu:

  • A1 = Ngemplak,
  • A2 = Kalasan,
  • A3 = Kota Gedhe.

Ada 5 kriteria yang dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan, yaitu:

  • C1 = jarak dengan pasar terdekat (km),
  • C2 = kepadatan penduduk di sekitar lokasi (orang/km2);
  • C3 = jarak dari pabrik (km);
  • C4 = jarak dengan gudang yang sudah ada (km);
  • C5 = harga tanah untuk lokasi (x1000 Rp/m2)

Kemudian, saya membuat aplikasi tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, untuk scriptnya bisa di download di dropbox atau di github

Screenshot :

1

 

 

2 3

 

 

4

 

 

5

Catatan : ada revisi untuk file function.php, ada error ketika salah satu nilai kriteria ada yang sama. Penyebabnya, saya dulu belum memakai function min() max() pada php, melainkan masih memakai if else, hehe.. silahkan download revisinya di sini : http://pastebin.com/rY0sQFVg

34 thoughts on “Contoh Aplikasi MADM dengan Metode TOPSIS untuk Kasus Pemilihan Lokasi Gudang

  1. mas, itu kriterianya benefit semua boleh kah di TOPSIS??

  2. mas itu maksudnya w1 sampai w5 apa ya?

  3. mas ini aku nyoba tak jalanin kok nggak mau yah 😦 di browser’nya nggak keluar apa-apa kalo gt itu apanya yg salah??

  4. mas gk pnyak cth spk yg pakek metode AHP

  5. eh kang kalo muncul

    Notice: Undefined variable: y4 in C:\xampp\htdocs\SPK\function.php on line 203

    Notice: Undefined variable: y4 in C:\xampp\htdocs\SPK\data.php on line 204

    padahal di fungcion if sama else if nya ada tapi kok gak kebaca ya itu gimana kang

  6. bang sya mau tanya nih kebetulan lagi garap skripsi pake metode topsis ttg pemilihan tempat kuliner tapi..bisa di bantu gak?? hehehhe

    sama saya mau tanya bagaimana cara dapetin nilai dari bobot untuk setiap kriteria, setelah
    Matrik keputusan yang dibentuk dari tabel ranking kecocokan??

  7. mks mas, mmbantu banget nih…

  8. mas saya mau tanya, andaikan dalam penentuan solusi ideal positif kapan kita menggunakan atribut keuntungan sedangkan atibut yang lain atribut kos mohon petunjuk

    • cara menentukan atribut tersebut cost/benefit

      benefit = jika nilai terbesar adalah terbaik
      cost. = jika nilai terkecil adalah terbaik

      contohnya pada artikel tersebut,
      harga tanah untuk lokasi, termasuk cost karena harga termurah yang diambil
      kepadatan penduduk di sekitar lokasi, termasuk benefit karena jumlah penduduk terbanyak yang diambil

  9. saya udah coba…berhasil…thank

  10. agan ne aplikasi madm itu apa ya?

  11. ternyata ribet bngetz…..hehehehe….

  12. gan, kenapa saat saya inputkan data dan lihat hasil variabel y tidak ada.. (Notice: Undefined variable: y2 in C:\xampp\htdocs\spk\function.php on line 242
    )
    padahal semua data c1 sampai c5 , type dan w sudah diisi lengkap
    mohon jawabannya, terimakasih

  13. alhamdulillah akhirnya dapat pencerahan…makasih bgt mas….

  14. Akhirnya ada juga yang mengupload contoh aplikasi dss, ada tugas suruh analisis aplikasi dss cuman sulit banget carinya -_-

    makasih… 🙂

  15. makasih mas sangat sangat memabantu

  16. misi gan, numpang nanya..
    di codingnya kan dijabarin lgsg tu msg2 bobot w1,w2,w3,w4,w5,
    nah kalo ada bobot baru w6 bijimane? ga keitung dong, krn d coding kan cuma ada w1,w2,w3,w4,w5.
    bongkar coding lg dong??

    • yoi gan, nambah kodingan lagi, nambah kolom di database juga
      ane dulu buatnya juga buru2, tugas kuliah masih numpuk soalnya, jadi maaf aja kalau form bobotnya (w) belum bisa dinamis 🙂

  17. Mas saya baru belajar ni tentang SPK. tapi saya kurang ngerti dengan perhitungan manual dari aplikasi yang mas buat. Mohon pencerahan secara manualnya mas, boleh?

  18. assalamualaikum mas heru kebetulan saya ambil judul skripsi dengan metode topsis,, mas heru apa saya boleh tau alamat email nya apa ? saya mau tanya2 soal nya hehe 😀 makasia

  19. makasih om membantu menyelesaikan tugas akhir ini . nanti coba saya edit lagi hehe

  20. madm tuh apa yah mas…

Leave a Reply

