Contoh Split String pada Java


Untuk kasus ini muncul ketika saya membuat aplikasi SMS Enkripsi, di kontak, nomer handphone yang tersimpan sering kali ada perbedaan, kadang ada yang menggunakan awalan 08xxx ada juga yang +628xxx

Nah, sebagai “exception handling”, saya sama ratakan untuk menjadi 08xx, jadi caranya saya deteksi terlebih dahulu mana kontak yang menggunakan awalan +62, kemudian saya split +62|8xxx  dan saya ambil yang 8xxx dan saya panggil ke variabel baru. untuk scriptnya bisa lihat dibawah ini :

/*
untuk nomorPengirim saya ambil otomatis dari kontak, jadi kemungkinan ada yang memakai awalan +628 dan 08
*/

//ngecek apakah awalannya +62
boolean prefixNumber = nomorPengirim.startsWith("+62");

if (prefixNumber) {
/*
split nomer pengirim dengan string +62
contoh +6281234567890, maka yang diambil 81234567890
*/
String pecah[] = nomorPengirim.split("\\+62");
String number = "0" + pecah[1];
} else {
String number = nomorPengirim;
}
 

Leave a Reply

