“From the left side to the right side”


Alhamdulilah tanggal 19 Januari 2013 saya di wisuda, itu tandanya saya sudah resmi lulus S1.
Pada wisuda saat itu merupakan wisuda dengan jumlah yang paling sedikit. Pak rektor aja bilang, selama dia menjabat ini merupakan wisuda paling sedikit.Kalau gak salah, jumlah yang mengikuti wisuda adalah 359 orang.

Saat wisuda, keluargaku ikut datang ke acara, orang tuaku dan adikku yang datang dari belitang, sedangkan yang lainnya datang dari kebumen. keluargaku yang ikut sekitar 10 orang, itupun belum semuanya yang ikut. hehehe.. 10 orang saja di mobil sudah desak-desakan.

Bapak ibu dan adikku berangkat dari belitang selasa pagi (15/1), seperti biasa naik mobil Bus SBG (sabuk gunung), sampai dikebumen rabu malemnya. Pada hari jumat paginya, saya ikut gladi resik wisuda terlebih dahulu sebelum menyusul ke kebumen, kemudian setelah jumatan saya baru kesana dan jam 3 sore saya baru sampai. Niatnya, baru sampe sana kami langsung berangkat kejogja, tapi niat berubah, saya mampir tempat sanak saudara dulu. Seperti biasa, kalau setiap mampir mesti ditawari makan hehehe.

Kami berangkat dari kebumen sekitar jam 7an malem dan sampe jogja jam 10an malem. Kemudian kami langsung checkin di penginapan. Sebenarnya sih pengennya dikostku saja, tapi kostku kecil, gak muat menampung mereka.

Besoknya, jam 6an pagi, kami langsung berangkat ke kampus buat acara wisuda. Pas sampai sana, baru turun dari mobil, langsung di uber² para pencari nafkah seperti tukang poto dan tukang jual kembang. Kemudian, saya langsung mengurus presensi dan keluarga saya menunggu di tarub. Saat presensi, saya dapet nomer urut paling terakhir untuk jurusan teknik informatika, wajar sih, kan diurutkan berdasarkan NIM mahasiswa. Setelah presensi, saya menunggu di tempat transit. Saat para tamu sudah diperbolehkan untuk masuk ruangan, saya menemui bapak dan ibu buat memberitahu untuk siap-siap masuk ruangan. Tamu yang diperbolehkan masuk hanya dua orang, jadi cuma bapak dan ibu ku doank yang bisa masuk, yang lainnya menunggu di luar gedung dan sudah dipasang tarub beserta TV. TV tersebut merupakan tayangan yang ada di dalam gedung.

Ketika acara segera dimulai, para wisudawan masuk ruangan secara bergantian berdasarakan program studinya masing-masing. Acara pemindahan kuncir dan pembagian ijazah dilakukan terlebih dahulu untuk wisudawan cumlauder, karena saya tidak cumlaude, jadi saya nggak masuk bagian ini. hehe

Setelah yang cumlauder selesai, sekarang giliran yang non-cumlauder. karena saya mendapatkan presensi terakhir, saya juga dipanggil dengan embel-embel “wisudawan terakhir prodi teknik informatika, Heru Purwito, Tanah Merah, 09523423” Yang jadi heran, kenapa saya sendiri yang memakai tanggal lahirnya nama desa, bukan nama kota atau kabupaten. Kayaknya untuk tanggal lahir mengikuti yang ada di ijazah SMA saya. karena pas tak saya cek, diijazah SMA memang begitu. Setelah dipanggil, saya maju kedepan untuk mengikuti proses pemindahan kuncir dan pembagian ijazah. Menurut sepengetahuan saya, proses pemindahan kuncir topi wisuda dari kiri ke kanan itu maknanya adalah sebuah simbol berubahnya dominasi penggunanaan otak kiri ke otak kanan. Saat masih kuliah, kita di tuntut untuk belajar terus menerus (tugas otak kiri) kemudian setelah lulus kita dituntut untuk bisa lebih menjadi orang yang mempunyai daya kreatifitas lebih tinggi (tugas otak kanan).

Saat pak rektor memberikan sambutannya, beliau menyampaikan tentang wisuda kali ini, seperti jumlah wisudawan, IPK tertinggi dan kebetulan juga, nama saya disebut.. bukan sebagai wisudawan dengan IPK tertinggi ataupun wisudawan yang berprestasi, tapi sebagai lulusan tercepat untuk wisuda saat itu. Alhamdulilah, masih ada yang bisa membuat orang tua bangga, biarpun gak cumlaude tapi bisa jadi wisudawan dengan lulusan tercepat, sebenarnya orang tua saya gak menuntut harus lulus cumlaude ataupun lulus cepat, bagi mereka sudah lulus aja sudah seneng. Nggak tau kenapa mereka bilang saya itu satu-satunya harapan keluarga, padahal masih ada adik-adik saya yang bisa lebih dari saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s