Program KKN


Dari kampus, program KKN individu minimal ada 3, satu program untuk yang ada kaitannya dengan jurusan kuliahnya dan 2 program bebas. Dalam merancang program sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbingnya terlebih dahulu. Jika sudah disetujui baru boleh menjalankan programnya.

Untuk mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing, kami harus mengantri. Jumlah unit yang mengadakan bimbingan ada 6 unit, jadi 8 mahasiswa x 6 unit = 48 mahasiswa. Sedangkan kegiatan bimbingan dilakukan dari sore dan hari itu harus selesai.

Bimbingan pertama dengan Dosen Pembimbing Lapangan I (DPL I), setelah selesai dengan DPL I, kami meminta persetujuan dengan DPL II, untuk bimbingan yang ke II, kami mendapatkan giliran pada jam 23.00 – an. Untuk bagian yang bagian terakhir, kira-kira mereka selesai sampai jam 2.00 an dini hari.

Selesai bimbingan, paginya harus siap-siap untuk melakukan penerjunan dilokasi KKN -___-

Program yang saya ajukan :

1. Sosialisasi tentang bagaimana berwirausaha dengan menggunakan komputer dengan targetnya adalah pemuda

Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan berwirausaha yang dilakukan dengan menggunakan teknologi contohnya usaha percetakan, pengetikan, service komputer, perakitan komputer dll. Nantinya jika program ini diterapkan oleh pemudanya, Insya Allah para pemuda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Ditempat pak bayan, setiap malam rame akan pemuda disana karena ada anaknya yang sudah remaja. Kondisi seperti itu saya manfaatkan untuk menjalankan program KKN. Program dilaksanakan dari jam 22.00-24.00. Pemuda disana juga setuju jam segitu hehehe, pemuda disana pada disana pada betah melek.

foto saat sosialisasi berwirausaha dengan komputer

foto saat sosialisasi berwirausaha dengan komputer

2.  Pembuatan Pestisida dari Limbah Tembakau

Sebagian besar warga dusun Gratan bertani tembakau dan itu menjadi penghasilan utama dari rata-rata penduduk. Setiap kali panen, banyak limbah tembakau yang tidak digunakan kembali. Karena tidak digunakan kembali, limbah tersebut dibakar. Untuk itu saya mengadakan program ini, sebelum praktik pembuatan pestisida dari limbah tembakau, saya mengadakan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga. Pada saat itu juga lagi bulan ramadhan, jadi mengumpulkan warga untuk dilakukan sosialisasi sangat mudah dilakukan.  Sehingga sosialisasi kebanyakan dilakukan setelah sholat tarawih. Untuk materi, saya dapatkan dari berbagai artikel di internet.

Saat sosialisasi, masyarakat dusun gratan sangat antusias sekali terhadap semua mahasiswa yang mengadakan sosialisasi. Mereka tidak segan untuk bertanya dan mengajak diskusi. Mereka bertanya sampai sedetail-detailnya sampai mereka memahaminya. Selesai sosialisasi, saya mengajak warga untuk mengadakan praktik pembuatan pestisida

praktik pembuatan pestisida dari limbah tembakau

praktik pembuatan pestisida dari limbah tembakau

Selesai praktik pembuatan pestisida, dilakukan percobaan terhadap tanaman sayuran seperti seledri dan tomat

penyemprotan pestisida dari limbah tembakau

penyemprotan pestisida dari limbah tembakau

 3. Pembuatan Kreasi Celengan

Di dusun gratan terdapat banyak anak-anak, usianya kebanyakan masih Sekolah Dasar. Untuk itu saya ingin mengajarkan untuk budidaya menabung dan membuat berbagai kreasi celengan. ya mungkin siapa tahu bisa dijadikan peluang usaha, usaha kerajinan tangan celengan :). Karena keterbatasan dana dan alat, saya hanya bisa menyediakan kuas, cat dan spidol. Inginnya sih bisa memakai pemahat, tapi ya cuma ini kemampuan saya :(.

praktik pembuatan kreasi celengan

praktik pembuatan kreasi celengan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s