Kuliah Informatika


Pada masih kecil, saya begitu kagum kalau melihat kecanggihan komputer. Kata teman saya sekolah, kira pada saat itu saya masih duduk di Sekolah Dasar kelas 4. Teman saya itu rumahnya berdekatan dengan percetakan, Ia mengatakan bahwa, “Dengan komputer, gambar atau poto bisa di telanjangi” :matabelo (kaskus mode on,, hehehe). Saya pun percaya saja, karena belum tahu betul tentang komputer.  Cuma bisa lihat di televisi. Maklum lah, daerah tempat tinggal saya masih sedikit tertinggal akan teknologi. Pada saat itu, yang mempunyai televisi juga masih jarang. Gak seperti sekarang, hampir setiap rumah ada televisinya.

Barulah pada saat saya duduk di Sekolah Menengah Pertama, tepatnya pada kelas 2. Sekolah kami mengadakan kerja sama dengan BBC (kalo gak salah, bukan BBC london lho? hehe). BBC merupakan suatu lembaga kursus komputer dari Lampung. Nah, inilah saatnya bagi saya untuk membuktikan apa teman saya, bahwa komputer itu benar-benar canggih. Pada saat masuk pertemuan pertama pada pelajaran komputer, rasanya sedikit gemetaran karena takut salah tindakan. Sistem operasi yang digunakan pada saat itu adalah windows 98 (baru tahu setelah lulus SMP apa itu sistem operasi.. hehehe). Pada saat itu senengnya sudah bukan main, bisa melihat, memegang (sedikit takut) komputer secara langsung. Pengajarnya juga masih muda-muda, ganteng-ganteng dan cantik-cantik (wah.. jadi semangat belajar nih.. ). Nah mulai dari situlah saya jadi pengen mengexplore komputer lebih.

Ketika memasuki Sekolah Menengah Atas, pelajaran komputer pun masih ada, pelajarannya hampir sama dengan waktu SMP. Jadi ada pelajaran yang diulang sehingga, saya jadi lebih paham. Pada saat itu Sistem Operasi yang digunakan sudah menggunakan Windows XP. Segi hardware sudah lebih baik, sudah tidak seperti komputer waktu SMP yang masih sangat jadul bagi zaman sekarang.

Saat naik-naikan SMA kelas 2, saya di belikan Komputer (wah jadi semangat belajar komputer nih..). Kalau gak salah, harganya sekitar 3 jutaan. Belinya juga dari jakarta (wew,, jauh amat ya…). Ya pada saat itu masih susah buat beli komputer. Kebetulan waktu itu kakak saya ingin main ke tempat paman saya, jadi mumpung masih di sana, sekalian beli komputer.

Bermula mempunyai komputer sendiri, saya beranikan melakukan problem solving sendiri, ntah jadi atau nggak, yang penting sudah mencobanya. Bermula dari install software kecil-kecilan hingga install ulang sistem operasi. Saat sistem operasi sering mengalami kegagalan, namun saya terus mencobanya. Pada waktu itu, kebetulan ada temen kakak saya yang juga mempuni di bidang komputer, kemudian saya meminta kepada kakak saya untuk meminjamkan CD installan Windows XP.

Setelah cukup lama mempunyai komputer, saya dengan kakak saya membuka usaha kecil-kecilan, yaitu membuka jasa pengetikan, printing, pembuatan undangan, jualan pulsa, isi game, aplikasi hp, lagu dll. Dengan usaha seperti itulah, saya jadi tertarik untuk mempelajari ilmu komputer lebih dalam lagi, karena sudah saya buktikan bahwa dengan ilmu tersebut bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan.

Sekian lama, daerah saya bertambah maju, sudah banyak warnet dibuka. Kemudian saya mulai mengenal dengan yang namanya dunia maya. Bermula dari Google (pada saat membuka internet explorer langsung muncul google hehehe…). Saya coba-coba dengan kata kunci pencarian. Hingga menemukan banyak artikel yang bagus, forum dll. Sepertinya internet sudah menjadi bagian dari semua ilmu yang sudah saya dapatkan.

Setelah lulus SMA, saya sudah yakin akan memilih jurusan Informatika, Pendaftaran bermula dari UI (Universitas Indonesia), test SIMAK (seleksi masuk) dilakukan di palembang. Saya dengan teman-teman se SMA tidak ada yang nyangkut di UI (emang susah banget masuknya… 😦 ). Kemudian saya ikut test Poltek Srwijaya, saya diterima tapi opsi kedua (teknik elektro). Kemudian saya memutuskan untuk pergi kejogja bersama teman-teman untuk daftar di UNY, tapi nihil juga. Kemudian saya mencoba di UII lewat jalur prestasi, Alhamdulilah diterima, mungkin memang di sinilah Allah memilihkan saya tempat kuliah yang cocok bagi saya.

Baiklah, cukup sampai di sini dulu postingan saya, lain kali disambung lagi. Semoga cepet lulus kuliahnya, amien,,, biar gak dicap sebagai Mapala (mahasiswa paling lama) hehehe 🙂

Leave a Reply

